Mengganti Ikon Blog Anda

Tips yang pertama dari Bang Kumis adalah mengganti ikon blog! Syarat utama adalah Anda harus punya ato bikin blog dulu (ya iyalah...masak ya iya donk???) Coba Anda cermati ketika proses mengakses alamat blog Anda, bisa dipastikan tampil logo ikon dari penyedia blog (kalo pake blogger maka yang muncul adalah logo huruf B warna putih dikelilingi warna oranye disekitarnya). Nah, suatu ketika Bang Kumis tertarik ingin menampilkan logo yang menjadi identitas blog Bang Kumis sendiri. Trus, gimana caranya???

Oke, langkah #1 adalah:

Anda harus menyiapkan file ikon dengan ekstensi ico dengan ukuran yang ideal sih 32x32 pixels. Bisa dibuat pake Adobe Photoshop dulu logo yang Anda inginkan, simpan dengan ekstensi .bmp.

Langkah #2 :

Selanjutnya, Anda harus mengubah file logo dengan ekstensi .bmp menjadi .ico. Caranya gampang, Anda bisa download program di www.pinxy.com, carilah program dengan nama Pic2Ico.exe atau langsung klik di sini untuk download.

Langkah #3 :

Jalankan program Pic2Ico.exe, ubahlah file logo Anda dari .bmp menjadi .ico. Setelah itu daftarkan atau upload file logo Anda ke layanan hosting gratis semacam fasilitas upload di Google Page Creator dll. Jika proses upload sukses, maka copy link file logo Anda untuk proses selanjutnya.

Langkah #4 :

Bukalah menu Layout di dalam Blogspot, pilih Edit HTML, lalu ketikkan kode berikut:

<!..link href='alamat file logo Anda.ico' rel='shortcut icon' type='image/x-icon'///..>

Letakkan kode tersebut diatas tag <!../head//..>.

(NB: jangan lupa semua tanda !.. dan //.. dihapus dulu yach... :p )

Langkah #5 :

Simpan perubahan kode HTML dengan menekan tombol Save Template. Coba deh hasilnya....???!!!??

Ada langkah yang lebih praktis, jika Anda tidak ingin repot membuat logo ikon sendiri. Ada berbagai ikon yang bisa Anda download di IconArchive. Pilih ikon yang Anda suka, tentunya pilih yang ukuran 32x32 pixels aja. Lihat teks Download as .ico file kemudian sorot dengan kursor, lakukan klik kanan untuk meng-copy alamat link yang ada. Setelah itu ikuti langkah #4 dan seterusnya.

Selamat mencoba dan sukses...!!!

blogger templates | Make Money Online